Select a Language

Search On Blog

Bacaan Takbir (Takbiran) Hari Raya


Bacaan Takbir (Takbiran) Hari Raya. Hari raya idul fitri adalah hari yang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat muslim di dunia, karena, selain sebagai hari kemenangan, hari raya idul fitri merupakan ajang untuk bersilaturrahmi, saling kunjung mengunjungi antar sanak kerabat, handai taulan, dan juga kepada kaum muslimin lainnya. Mungkin di luar suasana idul fitri, kita merasa canggung dan malu atau bahkan kita merasa derajat kita terasa turun drastis apabila kita meminta ampun maaf, mengakui kesalahan-kesalahan yang pernah kita lakukan baik kepada orang tua, kepada saudara, kepada sahabat dan kepada umat muslim lainnya, namun dengan adanya suasana idul fitri ini, perasaan malu, perasaan canggung atau pun perasaan sombong tersebut menjadi sirna, sehingga kita pun Insya Allah bisa mengakui kesalahan yang pernah kita lakukan dan dapat meminta ampun maaf atau pun saling memaafkan.

Selanjutnya, apabila semua ini dapat kita lakukan dengan sungguh-sungguh, dapat kita lakukan dengan diiringi hati yang ikhlas, maka kita pun dapat mencapai derajat yang biasanya disebut kembali suci. Id bermakna kembali,
fitri bermakna suci yang berarti kembali suci. Suci dari dosa yang pernah kita lakukan kepada sesama manusia dan seperti inilah yang dikehendaki sebenarnya dari perayaan idul fitri itu sendiri.

Selain itu, sebagai ungkapan rasa syukur kita kepada Allah SWT, maka pada hari raya kita bersama-sama mengagungkan asma Allah, dengan memperbanyak membaca takbiran (takbir, tahmid, tahlil dan tasbih). Hal ini perlu kita lakukan, selain sebagai ungkapan rasa syukur, juga sebagai ungkapan suka cita kita kepada Allah karena kita telah mendapatkan kemenangan, setelah selama satu bulan penuh kita melaksanakan ibadah puasa.

Bacaan takbiran (takbir, tahmid, tahlil dan tasbih) yang biasanya adalah sebagai berikut

الله اكبر  الله اكبر  الله اكبر   لا اله الا الله  والله  اكبر الله  اكبر ولله الحمد3
اللهُ اكبَر كَبِيْرًا والْحَمدُ ِللهِ كثِيرًا وَسُبحَانَ اللهِ بُكرَةً واَصِيْلاً, لاَاِلهَ اِلاَّاللهُ ولاَ نَعْبُدُ اِلاَّ إِيَّاه, مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّ يْن, وَلَو كَرِهَ الكَا فِرُونَ, وَلَو كرِهَ المُنَافِقُوْنَ, وَلَوكرِهَ المُشْرِكُوْنْ, لاَاِلهَ اِلاَّ اللهَُ وَحْدَه, صَدَقَ وَعْدَه, وَنَصَرَ عَبْدَه, وَأَعَزَّجُندَهُ وَهَزَمَ اْلأَحْزَابَ وَحْدَه, لاَاِلهَ اِلاَّاللهُ  وَاللهُ  اَكْبَر, اَللهُ اَكبَرُ  وَِللهِ الحَمْدُ
Artinya : Allah maha besar dengan segala kebesaran, Segala puji bagi Allah sebanyak-banyaknya, dan maha suci Allah sepanjang pagi dan sore. Tiada Tuhan selain Allah dan kami tidak menyembah selain kepada-Nya dengan memurnikan agama Islam meskipun orang kafir, meskipun orang munafik dan meskipun orang musyrik membencinya. Tidak ada Tuhan selain Allah dengan ke-esaan-Nya. Dia menepati janji, menolong hamba dan memuliakan bala tentara-Nya serta melarikan musuh dengan ke-esaan -Nya. Tidak ada Tuhan selain Allah, Allah maha besar, Allah maha besar dan segala puji bagi Allah.
Terima kasih telah membaca artikel yang berjudul Bacaan Takbir (Takbiran) Hari Raya. Sahabat dapat menemukan artikel di atas dengan URL http://www.abdulhelim.com/2012/08/Bacaan-Takbir-Takbiran-Hari-Raya.html. Silahkan kutip artikel Bacaan Takbir (Takbiran) Hari Raya jika dipandang menarik dan bermanfaat, tetapi tolong mencantumkan link Bacaan Takbir (Takbiran) Hari Raya sebagai Sumbernya.

Ditulis Oleh : Abdul Helim, S.Ag, M.Ag

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Abdul Helim berharap anda dapat memberikan komentar, namun tolong agar menggunakan bahasa yang etis. terima kasih

Posting Lebih Baru Posting Lama
Designed by : Abdul Helim 2012. Picture : Storman.
Template: Josh Peterson. Powered by : Blogger. Silakan Baca Kebijakan Kami di : Privacy Policy.