Select a Language

Search On Blog

Silabi Mata Kuliah Filsafat Islam


Apabila melihat dari standar kompetensinya, maka diharapkan dengan mengambil mata kuliah Filsafat Islam ini, mahasiswa dapat mengetahui dan memahami tentang pertumbuhan filsafat Islam dan pemikiran para filosof Muslim baik di dunia Islam Timur seperti al-Kindi, al-Razi, al-Farabi, Ikhwan al-Shafa, Ibn Miskawaih, Ibn Sina dan al-Ghazali maupun pemikiran para filosof Muslim di dunia Islam Barat seperti Ibn Bajjah, Ibn Thufail, Ibn Rusyd serta pemikiran para filosof Muslim setelah Ibn Rusyd seperti Nashiruddin al-Thusi, Suhrawardi al-Maqtul, Mulla Shadra dan Muhammad Iqbal.

Menurut Abdul Helim, para filosof di atas meninggalkan warisan intelektual yang sangat berharga. Hal ini disebabkan bahwa filsafat atau khususnya filsafat Islam sangat membantu kepada pengkaji hukum Islam (ushul fikih, fikih) dalam menggali hukum Islam tersebut (fikih). Abdul Helim pun meyakini bahwa para mujtahid dahulu, salah satunya seperti Imam Hanafi menghargai dan bahkan mungkin sebagai seorang filosofi. Hal ini dapat dibuktikan dari kemampuan para tokoh mujtahid tersebut berijtihad dan menemukan teori-teori dalam hukum Islam, bahkan hasil dari konsentrasi nalar yang mereka lakukan masih eksis dan kokoh sampai zaman sekarang dan melampaui batas dari usia mereka sendiri.

Abdul Helim juga mengakui bahwa tidak sedikit orang yang tidak menyukai filsafat, bahkan menganggap kafir atau setidaknya sebagai orang yang melakukan penyimpangan bagi orang yang mempelajari dan mendalami ilmu ini. Anggapan seperti ini tampaknya sangat disayangkan, karena sebenarnya ilmu filsafat sangat bermanfaat bagi setiap orang, setidaknya melatih berpikir mendalam, kritis, melatih daya analisis, jernih, tidak asal terima, dan sebagainya yang sebenarnya tidak dapat disebutkan di sini secara satu persatu. Silahkan para sahabat sendiri mengeksplor ilmu ini.

Okey.. para sahabat, untuk lebih jelasnya, bagi yang ingin mengetahui materi-materi dalam mata kuliah Perkembangan Pemikiran Modern dalam Islam ini, lengkap dengan kompetensi dasar, materi pokok, indikator ketercapaian, strategi pembelajaran yang digunakan, metode dan media serta referensi yang digunakan dapat mengklik link download berikut ini.

Silakan Klik DI SINI.
Terima kasih telah membaca artikel yang berjudul Silabi Mata Kuliah Filsafat Islam. Sahabat dapat menemukan artikel di atas dengan URL http://www.abdulhelim.com/2012/05/silabi-mata-kuliah-filsafat-islam.html. Silahkan kutip artikel Silabi Mata Kuliah Filsafat Islam jika dipandang menarik dan bermanfaat, tetapi tolong mencantumkan link Silabi Mata Kuliah Filsafat Islam sebagai Sumbernya.

Ditulis Oleh : Abdul Helim, S.Ag, M.Ag

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Abdul Helim berharap anda dapat memberikan komentar, namun tolong agar menggunakan bahasa yang etis. terima kasih

Posting Lebih Baru Posting Lama
Designed by : Abdul Helim 2012. Picture : Storman.
Template: Josh Peterson. Powered by : Blogger. Silakan Baca Kebijakan Kami di : Privacy Policy.