Select a Language

Search On Blog

Silabi Mata Kuliah Filsafat Hukum Islam


Apabila melihat dari standar kompetensinya, maka diharapkan dengan mengambil mata kuliah Filsafat Hukum Islam ini, mahasiswa dapat mengetahui dan memahami landasan filosofis hukum Islam serta struktur hukum Islam secara utuh, integral, holistic dan komprehensif di berbagai bidangnya. Materi-materi yang dikaji dalam mata kuliah ini berkaitan dengan prinsip-prinsip dalam hukum Islam seperti meniadakan kepicikan dan tidak memberatkan, menyedikitkan beban, diterapkan secara bertahap, memperhatikan kemaslahatan manusia, mewujudkan keadilan yang merata dan yang lainnya.

Bahkan melalui mata kuliah ini, para penstudi diarahkan untuk memahami dan menyadari bahwa Islam agama rahmat, bukan pembuat kerusakan dan kekerasan. Coba kalau kita renungkan kembali bahwa melalui materi konsep maqashid Syari'ah (tujuan pembentukan atau penetapan hukum Islam atau maksud-maksud ditetapkannya hukum syari'ah) tidak lain adalah untuk kemaslahatan dan kebaikan umat. Oleh karena itu, apabila kita melihat adanya orang yang suka berbuat kerusakan dan kekerasan atas nama agama, tampaknya dalam perspektif Filsafat Hukum Islam, berbuat kerusakan atau kekerasan tersebut tidak sejalan dengan ajaran Islam yang sebenarnya.

Di sinilah letaknya pentingnya mempelajari Filsafat Hukum Islam, agar kita dapat melatih berpikir secara mendalam, kritis, melatih daya analisis, jernih, tidak asal terima, dan sebagainya. Hal yang sangat penting dengan mempelajari ilmu ini, hukum yang dikembangkan tidak terasa kering dan kurang subur dalam pemahaman masyarakat, sebaliknya hukum yang dikembangkan bisa diterima masyarakat dengan baik, bahkan semua umat beragama dalam merasakan manfaat dari hukum Islam tersebut.

Okey.. para sahabat, untuk lebih jelasnya, bagi yang ingin mengetahui materi-materi dalam mata kuliah Filsafat Hukum Islam ini, lengkap dengan kompetensi dasar, materi pokok, indikator ketercapaian, strategi pembelajaran yang digunakan, metode dan media serta referensi yang digunakan dapat mengklik link download berikut ini.

Silakan Klik DI SINI.
Terima kasih telah membaca artikel yang berjudul Silabi Mata Kuliah Filsafat Hukum Islam. Sahabat dapat menemukan artikel di atas dengan URL http://www.abdulhelim.com/2012/05/silabi-mata-kuliah-filsafat-hukum-islam.html. Silahkan kutip artikel Silabi Mata Kuliah Filsafat Hukum Islam jika dipandang menarik dan bermanfaat, tetapi tolong mencantumkan link Silabi Mata Kuliah Filsafat Hukum Islam sebagai Sumbernya.

Ditulis Oleh : Abdul Helim, S.Ag, M.Ag

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Abdul Helim berharap anda dapat memberikan komentar, namun tolong agar menggunakan bahasa yang etis. terima kasih

Posting Lebih Baru Posting Lama
Designed by : Abdul Helim 2012. Picture : Storman.
Template: Josh Peterson. Powered by : Blogger. Silakan Baca Kebijakan Kami di : Privacy Policy.